Bupati Gresik Kunjungi Stand Ginogfest SD IRADA

Gresik - (24/10) Bupati Gresik H.Fandi Akhmad Yani, SE. mengunjungi stand Ginofest SD IRADA “Akulah Juaranya” pada 21 Oktober 2022 yang bertempat di Icon Mall Gresik. Bapak Bupati terkesan dengan ROBINHOOT, Robot Penanam Biji Hortikultura Otomatis karya siswa siswi SD IRADA yang memenangkan juara 1 lomba alat peraga Kabupaten Gresik. Robinhoot ini mengaplikasikan konsep pesawat sederhana, tekanan hidrostatis, perubahan energi dan gaya dengan sistem robot otomatis menggunakan stick controller nirkabel sebagai pengontrol gerak dan arah yang menerapkan 4 Langkah efektif yaitu melubangi tanah, mengisi biji, menyiram biji, dan menutup tanah kembali.  

Bapak Bupati mengatakan bahwa Robinhoot adalah temuan luar biasa SD IRADA yang langsung menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini perlu menjadi perhatian agar terus berkembang.

Selain Bapak Bupati Gresik, Bapak Kris Adjie AW yang merupakan budayawan, penulis, dan founder Yayasan Mata Seger juga terpikat dengan buku-buku karya siswa dan guru SD IRADA. Menurut beliau, buku Wonderful Gresik sangat menarik karena berisi tentang tradisi, budaya, makanan khas, sampai tempat bersejarah di kota Gresik. “Budaya literasi harus ada dan berkembang di sekolah. SD IRADA sudah sangat baik dalam menyemai bibit penulis cilik. Semoga tim literasi SD IRADA selalu berinovasi.” Tutur beliau.

Stand SD IRADA mendapat apresiasi dari Cak Yuk Gresik, Info Gresik, juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Bapak S. Hariyanto, S.Pd., M.M. Mengenai alat peraga KURA BINTIK “Kumpulan Operasi Bilangan Bulat Matematik” yang juga mendapat juara 3 lomba alat peraga Kabupaten Gresik. Kura Bintik  adalah alat peraga yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat positif dan negatif. Alat peraga ini terdiri dari bintik positif dan negatif yang berbeda warna sehingga memudahkan siswa mengidentifikasi bilangan bulat positif dan negatif.

                                      

                                                      

Pada hari terakhir, stand SD IRADA semakin ramai pengunjung. Salah satu pengunjungnya adalah Wakil Bupati Gresik, Ibu Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd. Beliau takjub dengan prestasi gemilang siswa SD IRADA. Mulai dari Cak Yuk Cilik Gresik, Hafiz-hafizah, juga program-program yang diselenggarakan oleh SD IRADA “Full Day Education” dan SMP Jauharul Maknuun “Islamic Boarding School”. Salah satu program yang berkesan adalah ISMAC (IRADA Sains Mathematic Competition) yang tahun ini diselenggarakan ke tiga kalinya. ISMAC adalah ajang bergengsi yang diikuti oleh peserta di seluruh Indonesia yang setiap tahunnya dibina oleh pembina Nasional. “Semoga ISMAC dapat berjalan dengan lancar dan SD IRADA dapat terus menjadi wadah dan inspirasi bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Gresik dan di seluruh Indonesia.” Pungkasnya. IRADA JUARA!/ Fatwa Amalia.

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *

homescontents