Ngaji Wagean: Pentingnya Pendidikan Pondok Pesantren

Gresik (03/11) Acara Ngaji Wagean, dilaksanakan pada Kamis, 03 November 2022. Berlokasi di lapangan SD IRADA "Full Day Education" berjalan dengan tertib dan khidmat. Pengajian yang diselenggarakan oleh SD IRADA bersama Pondok Pesantren Tabarukan Cengker menuai sambutan antusias dari jamaah Tabarukan Cengker, juga siswa, dan walimurid kelas 6 yang hadir. Menjelang acara, jamaah disambut dengan penampilan banjari SD IRADA. Kemudian disambung dengan pembacaan puisi oleh siswa kelas 4 Naurah Zahira, dan Raffa Raisya Arif kelas 5.

Acara dibuka oleh MC cilik 4 bahasa SD IRADA. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Kepala SD IRADA, Ustadz Muhammad Shobirin.
Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada siswa dan walimurid yang senantiasa mendukung kegiatan SD IRADA, juga kepada warga sekitar sekolah yang seringkali direpotkan dengan banyaknya kegiatan SD IRADA. Dengan diadakannya Ngaji Wagean ini, diharapkan kerjasama dapat selalu terjaga demi membangun anak didik yang mantap lahir dan batinnya.
Mengingat keadaan zaman yang semakin membuncah, maka dari itu penanaman kemandirian kepada anak harus dimulai sejak jenjang sekolah menengah. Setelah SD dan TK IRADA dibangun, kami tidak berhenti sampai di sana. Kami memikirkan jangka panjang pendidikan dan membangun SMP Plus Jauharul Maknuun "Islamic Boarding School" yang bertempat di Lasem - Sidayu.

Mulai zaman dahulu hingga sekarang, Indonesia memiliki rumah pengajaran yang juga menjadi rumah pendidikan, yaitu pondok pesantren. Karena guru dan murid setiap hari bersama, maka pengajaran dengan sendiri selalu berhubungan dengan pendidikan. Dengan konsep boarding school, SMP Plus Jauharul Maknuun akan mencetak pelajar muslim yang berilmu, terampil, dan bertalenta unggul dalam rangka menegakkan nilai-nilai kebangsaan berpadu nilai keagamaan yang seimbang.

Adapun sintesa SMP Plus Jauharul Maknuun "Islamic Boarding School" antaralain:
Pondok Modern Gontor dalam hal kepemimpinan, kedisiplinan, dan kebahasaan, kemudian Pondok Pesantren Yanbu'ul Quran dalam bidang tahfidz, Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dalam hal dirosah Islamiyah dan kutubut turots, dan SD IRADA dalam hal olimpiade baik MTK, IPA, juga literasi. SMP Plus Jauharul Maknuun juga dilengkapi dengan fasilitas kelas multimedia. Tutur beliau.

Acara selanjutnya adalah ceramah dari Kiai Mukhtarul Fuad yang memikat jamaah, khusunya siswa kelas 6 yang hadir. "Saya turut bangga dengan MC 4 bahasa yang tampil malam hari ini. Ada bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Jawa. Ini bukti secara langsung bahwa siswa SD IRADA dan SMP Plus Jauharul Maknuun nantinya akan menjadi siswa yang mahir di bidang kebahasaan dan yang lainnya." Pungkas Kiai Mukhtarul Fuad./IRADA Jaya! (Fatwa Amalia)

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *

homescontents