Semarak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Rasulullah Teladan untuk Generasi Berakhlaqul Karimah

Semarak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Rasulullah Teladan untuk Generasi Berakhlaqul Karimah

Gresik, (10/23) – Bertepatan pada tanggal dan bulan yang diberkahi, SD IRADA mengadakan kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw pada hari Selasa, 10 Oktober 2023. Acara ini mengusung tema “Rasulullah Teladan Untuk Generasi Berakhlaqul karimah”. Rangkaian kegiatan acara ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi, jajaran ustadz/ustadzah, dan  karyawan SD IRADA. Acara berlangsung dengan sangat meriah siswa-siswi SD IRADA sangat antusias menyambut penampilan menarik dari beberapa ekstrakulikuler dan talenta muda siswa-siswi SD IRADA yang tampil sebagai acara pembuka. Mulai dari ekstra seni musik yang menyanyikan lagu “Kisah Sang Rasul”, penonton dan tamu undangan terpana karena persembahan mawar putih untuk kepala sekolah dan tamu undangan. Momentum tersebut membuat haru para penonton. Tidak hanya itu, penonton dibuat terpukau dengan penampilan teatrikal puisi “Sirah-Sirah Nabawi” dari ekstra literasi, dai cilik, dan banjari.

 

Sholawat Mahalul Qiyam berkumandang memenuhi lapangan SD IRADA. Suara siswa-siswi SD IRADA semakin bersemangat melantunkan sholawat Mahalul Qiyam sembari berebut menarik jajan, amplop, dan mainan yang bergelantungan di atas kepalanya. Prosesi acara ini menjadi tradisi masyarakat Gresik dengan nama popularnya adalah Jabutan.

    

Acara ini mengundang tamu-tamu penting, seperti Kyai Muchtarul Fuad S. Pd.I, M. A selaku penceramah atau Mauidhoh Hasanah. Dalam ceramahnya, beliau mengingatkan kepada anak-anak untuk meneladani dan selalu memiliki akhlak yang baik seperti baginda Nabi Muhammad Saw. “Rosulullah lahir di dunia untuk mengajarkan kita akhlak yang baik agar kita menjadi anak yang sholih-sholihah. Bagaimana cara menjadi anak yang sholih-sholihah? Caranya ada di sholawat alamate anak sholih iku papat. Bakdane mukmin, anut ing syariat. Kang dihin, lisane alus ngendikane. Kapindo, mulyaaken ing wong tuane. Kaping telu, asih ing bocah cilik-cilik uga marang sedulur gawe becik. Kaping papat, ngamalaken ilmune”. Tutur Kyai Muchtarul Fuad.

 

Sebagai pengetahuan, maulid nabi merupakan peringatan hari lahir Baginda Nabi kita Muhammad Saw. Perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Peringatan ini sebagai bentuk ungkapan rasa cinta, kegembiraan, dan penghormatan kepada Ya Mulia Baginda Nabi Muhammad Saw. “Mudah-mudahan kita semuanya termasuk dalam umatnya Ya Mulia Baginda Nabi Muhammad Saw yang dicintai oleh Rasulullah Saw. Barang siapa yang mencintaiku maka kelak akan bersamaku di dalam surganya Allah Saw”. Tutup Ustad Shobirin selaku kepala sekolah di akhir sambutannya.

SD IRADA Berakhlakul Karimah/Lailiyah

 

0 Komentar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Inputan yang harus diisi ditandai *